Friday, August 23, 2013

Jelajah Krakatau

Hidup sering ngasih kejutan-kejutan yang gak terduga. Seperti trip gue kali ini. Berawal dari bbm seorang sahabat yang ngajak ke Krakatau kaya ngajak ke ngebaso depan rumah.
"Ta, Krakatau yuk!" dan bla bla blaaa sampe akhirnya gue luluh dan mengiyakan, dan itu H-3 keberangkatan,stress emang. Dengan persiapan seadanya dan dengan catatan gue belom perah mendaki gunung apapun kecuali gunung kerinduan yang begitu tinggi *ealaaaah* maka berangkatlah gue dan sahabat gue yang provokator itu plus satu sahabat lain yang berhasil gue ajak. Biar lebih jelas dan siapa tau ada yang tertarik mengikuti jejak gue..ini dia ceritanya.....

Day 1, Friday August 16th 2013
- Berangkat dari Sukabumi sekitar jam 2 siang karena check point pertama di terminal Kp.Rambutan jam 8 malem. Ternyata jalanan lagi bersahabat, jam 5 udah nyampe Rambutan terus makan dulu sama solat dan diem di mushola ampe jam 8 :)))))
- Jam 8 ketemu tour guide kita, namanya Bang Rossy dan beberapa temen satu rombongan, yang lain katanya langsung ketemu di Merak. Jam 11 malem nyampe Merak, briefing dulu bentar sambil nunggu pasukan lengkap semua, ternyata lumayan juga ada 30 orang. Jam 12 malem kita berangkat pake kapal roro, gue lupa nama kapalnya.

Day 2, Saturday August 17th 2013
- Tiba di Bakauheni sekitar jam 4 subuh, langsung naik angkot menuju Dermaga Canti, sekitar jam setengah 6 pagi nyampe Canti dan kita istirahat solat,sarapan, ganti baju dulu sebelum melanjutkan perjalanan menuju pulau-pulau sekitar Krakatau.
- Jam 8 semua rombongan naik kapal motor kecil gitu yang cuma ada lantai bawah dan lantai atap. Karena di bawah lebih kerasa goyangan kapalnya yang mana gue takut mabuk laut maka gue dan temen-temen duduk di atas, bisa liat pemandangan dan udaranya lebih seger juga :D Perjalanan dari Canti ke Sebuku kurang lebih 2jam.
Kapalnya model begini lah akik gak tau namanya apa :p
- Jam 11 kita sampai di Pulau Sebuku, ini pulau keren banget pemandangannya, airnya, pasir putihnya, ya tuhan akik ingin menangis terharu, gak percaya kalo model beginian ada di Indonesia :'). Disini kita foto-foto kemudian snorkeling di sisi sebrang pulau Sebuku.
Sebuku Island, beyond magic!
Kegirangan liat ikan hias yang biasa dijual di toko aquarium langsung dari habitatnya :D
- Jam 1 siang kita merapat ke Pulau Sebesi, satu-satunya pulau berpenghuni. Kita mau simpen barang-barang dulu di homestay. Homestay disana adalah rumah penduduk yang di sewakan karena belum ada resort atau cottage apalagi hotel. Listrik pun cuma dari jam 6 sore sampe jam 12 malem di pulau Sebesi ini. Pas nyampe homestay kita disambut kelapa muda dan goreng pisang, ah nikmatnya. Kelar mandi dan bersih-bersih semua kumpul buat makan siang. 30 peserta di tempatkan di 3 homestay, gue kebagian homestay 2 yang orangnya pada asik asik banget.Sebagian besar peserta terkapar tidur siang (termasuk gue) sebelum mengikuti jadwal berikutnya yaitu jam 4  ke pulau Umang-umang buat foto dan explore pulau.
Zenal, bang Bhineka, Aldit, Gibran, bang Fernandes, Melati, kak Nayna, gue, Ririn, Ika, dan abang yang pake slayer samping gue, gue lupa namanya :D
- Menikmati sunset di pulau Umang-umang itu priceless banget, gilaaa keren abis lah. Kita disanan dari jam 4 sore sampe jam 6.30..kemudian pulang ke homestay dan nunggu makan malam. Disuruh pada tidur cepet sih sama guidenya karena besok pagi kita mau trekking Krakatau, tapi yaaa namanya juga anak muda yang baru pada kenalan sama temen-temen seperjalanan yang asik-asik, begadanglah kita sampe jam 1. padahal jam 4 udah harus berangkat lagi :D
Me enjoying the sunset
Ika,gue,kak Nayna,Ririn @ Pulau Umang-umang
Lovely hidden paradise
Day 3, Sunday August 18th 2013
-Jam 4 subuh udah dibangunin buat siap-siap berangkat karena kita ngejar sunrise. Dengan mata yang masih sepet, rombongan menuju dermaga dan naik kapal, ada yang lanjutin tidur ada yang gak bisa tidur lagi kaya gue, yaudah menikmati pemandangan aja yang duh udah deh bagus banget bangetan. Ditemani lagu-lagu andalan dari playlist, beuh hidup udah berasa paling enak, lupa kalau di pulau jawa gue adalah pengangguran yang lagi nunggu wisuda :))))) Perjalanan dari Sebesi menuju Krakatau kurang lebih 1,5 jam.
- Jam 6 pagi kita udah sampe di anak gunung krakatau, gunung yang dari kejauhan aja udah cantik ini pas dideketin ternyata emang cantik beneran. Yang beda dibanding gunung lain yang mostly terdiri dari hutan rimba, disini gunungnya gundul karena gunung pasir dan hutannya cukma di bibir gunung yang juga bibir pantai. Tapi disini pasirnya hitam, beda dengan Sebuku dan Umang-umang.
Anak Gn.Krakatau dari kejauhan
- Sebelum mendaki kita sarapan dulu, dan ternyata di anak Krakatau ini banyak bule-bule yang berkemah, ngediriin tenda gitu,oooh betapa pemandangan bule-bule jemur baju samping tenda mereka bisa me-recharge tenaga gue 100% fulllllll *disambit patjar*
Mom look! Your daughter make a new friends :)))))
3 sundanesse meet 2 batak, HOBAH!!!
- Jam 8 kita mulai mendaki, medannya gak berat-berat amat sih nanjak aja terusssss, cuma ya pasirnya panas, makanya yang gak biasa mendaki disarankan pake sepatu, jangan pake sendal gunung. Sebenernya perjalanan menuju puncak ini bisa lebih cepet andai kita gak banyak foto-foto, hahahahaaha tapi yaaaa namanya juga anak muda masa kini, gak afdol dooong kalo kemana-kemana gak foto dulu, ibarat kata ya kemarin itu ada kali tiap jalan 10 meter foto,naik lagi 10 meter foto, terus aja gitu sampe ke puncak :))))
Yang paling amazing adalah ketika gue iseng-iseng nengok ke belakang, yatuhaaaan itu belakang gue laut sama pulau-pupau sekitar keliatan jelas banget looooh, merindiiiiing!
Cool view behind my back
- Jam 10 kita sampai di stage terakhir yang boleh didaki. karena mendaki sampe puncak beneran mah dilarang ya booo ya masa aja mau mendaki sampe titik kawah lava-nya, dari jauh aja udah berasep gitu, apalagi disamperin :D Foto-foto do puncak sambil ngibarin bendera merah putih, seketika kecintaan gue terhadap Indonesia meningkta 700 persen!!!

- Jam 11 kita menuju Lagon Cabe buat snorkeling lagi..dan disini surga dunia banget! ikan-ikannya lebih banyak dan terumbu karangnya lebih beragam, gue lupa nama taman lautnya apa, pokoknya di Lagon Cabe aja, konon kata abang guidenya disini spot yang keren banget buat scuba diving, tapi yaaa secara ini pesertanya banyaknya gak ada yang punya lisence diving jadi snorkel aja, Wong gue snorkel aja udah kejang-kejang bahagia saking senengnya bisa liat ikan lucu-lucu dirumahnya langsung. Saking banyak ikannya, lo kalo pegang roti atau nasi ditangan, tar mereka pada nyamperin, yaowooooh gue nangis deh liat pemandangan yang biasanya gue liat di tv doang sekarang gue alamin langsung *Tirani anak rumahan yang bahagia ketemu Nemo dan Dori langsung*
The super happy bestfriends
- Jam 2 siang kita menuju Sebesi buat makan siang, beres-beres dan bersih-bersih sebelum pulang, berat rasanya buat ninggalin kepulauan ini, 2 hari bener-bener kurang! Jam 5 kita nyampe Canti dan melanjutkan perjalanan ke Bakauheni dan dapet supir angkot yang terobsesi jadi Michael Schumacher kayaknya, bawa mobil kaya setan padahal itu kita lewat jalur lintas Sumatra yang banyak mobil gedenya kayak kontainer sama truk-truk raksasa, alhamdulilah nyampe Bakauheni jantung gue masih berada pada posisinya.
Before leaving Dermaga Canti
- Istirahat makan dan beli oleh-oleh di Bakauheni sebelum naik kapal, jam 9 naik kapal menuju Merak. Herannya gue gak ngerasa cape sama sekali, mungkin karena saking bahagianya. Nyampe Merak jam 12 malem, lanjut naik bis jurusan Merak-Bandung yang lewat Ciawi, turun di Ciawi dan naik mobil jurusan Sukabumi, mendarat di Sukabumi Senin pagi pas pukul 6. Alhamdulilah :)

Nah itinerary-nya kurang lebih kayak gitu, dan untuk biaya, gue rasa kemarin gue dapet paket hemat deh. Paket perjalanan 390rb (dari Merak)
Sewa alat Snorkel 55rb
Ongkos Sukabumi Merak PP kurang lebih 100rb
Ongkos tambahan kapal roro kalo pindah kelas ke Excecutive AC 10rb
Oleh-oleh kurang lebih 100rb (karena gue cuma beli keripik pisang coklat dan kemplang :p )
Makan (diluar makan yang ditanggung travel) kurang lebih 30rb
Yaaaa sekitar 800ribu laaah dan itu masih bisa lo hemat-hematin kalo gak beli oleh-oleh dan gak jajan lagi, worth it kan yaaah untuk ukuran jelajah 4 pulau dan 1 gunung? ;)

Buat yang mau nyoba trip kesana, lo bisa pake jasa travelnya Bang Rossy (pin : 331104F6) dia udah expert lah menangani trip kaya gini :D
Me and Bang Rossy the tour guide
One thing about nature trip...ada kebahagiaan dan kepuasan yang gak bisa lo ungkapkan ketika lo menikmati alam :)

See you on another trip
Cheers....!

1. Indah banget ya. Jadi mikir kapan bisa kesana. Mesti nyiapin waktu cuti yg pas dan...budget, hehehe

Salam,

ps: masih asing ngasih komen di blogspot nih...hehehe

2. Banget kang...saya aja pengen kesana lagi hehe, bisa kok weekend, kemarin aja temen satu trip saya banyaknya karyawan, jumat dari tempat kerja mereka langsung ke merak :D