Tuesday, September 10, 2013

My first roasting experience

Hai hai...I'd like to share my first roasting experience :)
Sebagai seseorang yang (ngaku-ngaku) suka ngopi tapi bisanya cuma order and drink ajaaa gue sungguhlah awam dengan proses bagaiamana perjalanan biji kopi dari ditanam sampai bisa menjadi secangkir kopi yang nikmat, well i know the process by reading but never do it directly by myself. Sampai sebulan yang lalu, gue ikutan kuis yang di adakan oleh @Barista_ID dan gue menang di batch yang berhadiah green bean Lintong,yaaaayyyy!!!!
Here's the 500gram of Lintong Green Bean
Beberapa hari setelah menang, paket green bean pun sampai dengan selamat dan sejahtera di rumah, disinilah kebingungan gue muncul..ini biji kopi gue apain ya??? Langsung googling tapi gak langsung ngerti, berat bok kalo harus pake mesin roasting, yaudah ada satu cara yang simple yaitu dengan manual roasting by using your own teflon atau wajan aja :D
First, setiap 100gram di sangrai/roast selama 15menit
Setelah baca postingannya Syifa yaudah akik memutuskan buat ngikutin desse aja, pertama pisahin dulu kopinya jadi 100gram buat di roast selama 15 menit

Kalau sudah di timbang, mari kita masukan kedalam wajan

Mulai sangrai dengan api besar sampai green bean mulai berubah warna

Kecilkan api, terus aduk/oseng-oseng selama 15 menit

Setelah 15 menit,matikan api tapi tetap oseng-oseng biar merata

Taadaaaaa....! I'm proud of my self hahaha

Satu hal yang harus diperhatikan adalah selama 15 menit nyangrai itu kita harus konsisten ngaduk-ngaduk atau ngoseng-ngoseng biji kopinya supaya merata dan ga gosong yaa...ini perjuangan bener sih ya panas ya pegel..tapi semuanya worth it kok setelah merasakan hasilnya :D


Before grinding @Seecul
Berhubung abis di roasting gak mungkin langsung diseduh alias harus di grind dulu, maka seperti biasa kita minta bantuannya mamas Rivan sebagai the hottest barista in town :p dengan mendatangi coffee shop-nya .
Sayang waktu itu gue gak sempet liat langsung proses ngegilingnya karena kemaleman, jadi biji kopi yang udah di sangrai dititipin aja buat besokannya baru icip
Here's the result...a bitter one without sugar added
Ini hasilnya, pertama gue cobain tanpa gula..wanginya enak banget walaupun gue cuma kuat 3 teguk kemudian minta Rinald (another barista, Rivan's young brother) buat nambahin gula.
Hmmm..jangan tanya gue untuk urusan cupping, bukan ahlinya hahaha, pokoknya yang dirasain lidah gue yang tidak faham pemetaan rasa sih ini tingkat keasamannya tinggi (mungkin karena itu Lintong ini masuknya arabika) dan setelah ditambah gula enak banget jadinya :D
Terus gue tanya mamas Barista kan, kata dia sih enak,tapi hasil roastingan gue agak gosong, emang sih dari awal juga gue ngerasa kok berasa cepet perubahan si green bean dari ijo ke kecoklatan. Mungkin lain kali apinya jangan terlalu gede ya :D
Yaaaa namanya juga roasting pertama, pasti masih banyak kurangnya but the feeling of happiness when I'm doing all the procces is priceless! Beruntunglah kalian yang setiap hari kerja mengerjakan sesuatu yang kalian sukai :)

Oke deh that was the story of mine, thank you for those who help during the procces :)

No comments:

Post a Comment